Latest News

Monday, May 6, 2019

38-Ringkasan PL dan PB


  1. Ringkasan Garis Besar Perjanjian Lama

    1. PENTATEUKH. KELIMA KITAB

      1. Kejadian.
        Kitab tentang Asal Mula.
        Asal mula Alam semesta, umat manusia, dan lain-lain. Sebagian besar merupakan catatan tentang sejarah mula-mula dari Keluarga yang Dipilih.


      1. Yosua.
        Sebuah catatan tentang penaklukan Kanaan dibawah pimpinan Yosua, dan pembagian tanah kepada keduabelas suku.


      1. Ayub.
        Masalah penderitaan, menunjukkan kejahatan Setan, kesabaran Ayub, kesia-siaan filsafat manusia, hikmat ilahi dan pada akhirnya pembebasan si penderita.


      1. Yesaya.
        Nabi pembebasan yang besar. Kitab ini kaya dengan nubuat-nubuat Kemesiasan, bercampur dengan kesusahan yang diucapkan atas bangsa yang berdosa.


      1. Hosea.
        Sejaman dengan Yesaya dan Mikha. Pikiran Utama - Kemurtadan Israel digolongkan sebagai perzinahan rohani. Kitab ini penuh dengan goresan metafora/kiasan yang melukiskan dosa- dosa bangsa Israel.


    1. BIOGRAFI. EMPAT KITAB.
      1. Matius.
        Pengarangnya, salah satu dari keduabelas rasul. Berbentuk Narasi yang khususnya disesuaikan dengan orang Yahudi, memperlihatkan bahwa Yesus adalah Mesias yang dirajakan dalam nubuat Yahudi.

      1. Roma.
        Ditujukan kepada Orang-orang Kristen di Roma. Bagian (1) Pasal 1-11. Eksposisi yang mengagumkan tentang perlunya, dan sifat dasar Rencana Keselamatan.
        Bagian (2) Pasal 12-16. Sebagian besar merupakan nasehat/dorongan yang berhubungan dengan tanggung jawab rohani, sosial dan sebagai warganegara.


      1. Yakobus.
        Penulisnya kemungkinan Yakobus, saudaranya Tuhan Yesus. Ditujukan kepada Bangsa Yahudi yang bertobat dan yang terserak di perantauan. Tema utama - Tindakan praktis dari Agama, yang ditunjukkan dalam pekerjaan baik, dibandingkan/dikontraskan dengan pengakuan iman.

    2. Wahyu.
      Penulis, rasul Yohanes.
      Topik utama - Sebagian besar merupakan satu rangkaian penglihatan tentang masa yang akan datang/apokalips yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa dalam sejarah keagamaan. Konflik moral yang besar digambarkan, antara kekuatan ilahi dan kekuatan setan, diakhiri dengan kemenangan Anak Domba.
Artikel ini diambil dari : 
D D., Frank Charles Thompson, Ph.D. 1934. The New Chain Reference Bible. B. B. Kirkbride Bible Co., Inc. CD SABDA-Topik 04222

No comments:

Post a Comment

Recent Post